- Advertisement -
Pro Legal News ID
Nasional

3.444 Personil Polri Ditugaskan di Sentra Gakkumdu Pemilu 2019

Kabareskrim Polri Komjen Arief Sulistyanto

Jakarta, Pro Legal News – Sebanyak 3.444 penyidik Polri ditugaskan dalam Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) pada Pemilu 2019. Tujuannya menciptakan pemilu yang berkuliatas dan berintegritas.

Para penyidik itu dibagi masing masing, di tingkat pusat 15 orang, tingkat provinsi 306 orang dan di tingkat kabupaten/kota 3.123 orang. “Jumlah total 3.444 personel,” kata Kabareskrim Polri Komjen Arief Sulistyanto disela-sela diskusi Bawaslu di Ancol, Jakarta Utara, Senin (10/12).

Hadir juga dalam diskusi itu Menko Polhukam Wiranto dan Jaksa Agung Muda Tipidum Noor Rochmad. Sentra Gakkumdu bersatu dalam satu forum bersama kejaksaan agung dan bawaslu yang tersebar dari tingkat pusat hingga kabupaten.

Tercatat hingga kini ada 97 kasus yang masuk ke sentra gakkumdu di mana 19 diteruskan ke Polri dan 78 bukan tindak pidana pemilu. Dari 19 kasus itu, 11 di antaranya masuk tahap dua.

Selain itu dua kasus mendapatkan Surat Penghentian Penyidikan Perkara (SP3), satu kasus sudah lengkap hasil penyidikan (P21), dan lima perkara dalam tahap penyidikan.“Keamanan dan penegakan hukum merupakan domain Polri untuk mewujudkan pemilu berkualitas sehingga Indonesia sejahtera,” tutur Arief. Rico

prolegalnews admin

Tinggalkan Balasan